Pages

Bedah Buku “The Crisis” Dalam Pekan Ilmiah IsEF (PIIs)

Rabu, 15 Mei 2013

KSEI Islamic Economics Forum (IsEF) STEI SEBI Depok menyelenggarakan Bedah Buku “The Crisis; Krisis Manalagi Yang Engkau Dustakan” karya M. Luthfi Hamidi, MA. Rabu (24/4/2013). Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa dan jajaran dosen STEI SEBI yang terselenggara atas kerjasama KSEI IsEF dengan Perpustakaan STEI SEBI dan bertujuan untuk menumbuhkan budaya keilmuan serta semangat syiar ekonomi syariah. Hadir sebagai pembicara pada Bedah Buku tersebut adalah Penulis Buku “The Crisis” M. Luthfi Hamidi, MA. dan Adril Hakim, ST, MM. serta di moderatori oleh Ahmad Baehaqi selaku Presidium Nasional FoSSEI.

Dalam cover buku “The Crisis” terdapat kata “Quranomics” yang dicantumkan penulis, berasal dari kata Qur’an dan Economics, yang berarti ekonomi yang mengacu kepada Al-Quran dan Sunnah. Quranomics inilah yang menjadi solusi permasalahan krisis ekonomi. Penulis menyatakan bahwa krisis identik dengan ketidakstabilan. Al-Quran menyamakan mereka yang sedang dalam kondisi tidak stabil laksana mereka yang gila. Hal itu dikarenakan seorang manusia bagai kerasukan, seperti yang tertera dalam Q.S. Al Baqoroh ayat 275 yang menyatakan bahwa “Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila”.

Kegiatan bedah buku ini merupakan acara puncak Pekan Ilmiah IsEF (PIIs) dengan tema “Sharia Economic World” yang diselenggarakan oleh KSEI IsEF dan didukung oleh STEI SEBI dan FoSSEI. Kegiatan Pekan Ilmiah IsEF berisi berbagai perlombaan ilmiah baik dalam lingkup internal maupun eksternal (Jabodetabek) yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya ilmiah dan semangat berprestasi. Berbagai perlombaan yang diselenggarakan dalam lingkup eksternal (Jabodetabek) diantaranya adalah Lomba Esay Ekonomi Islam, Komik Ekonomi Syariah, dan Video Ekonomi Syariah. Sedangkan perlombaan dalam lingkup internal diantaranya Lomba Debat Ilmiah Ekonomi Islam, Olimpiade Ekonomi Islam, Kompetisi Blog, Kompetisi Bisnis, Majalah Dinding (Mading) Ekonomi Islam, dan Fun Game. Salah seorang pemenang lomba essay, Agus dari KSEI Lingkar Studi Ekonomi Islam (LISENSI) UIN Jakarta juga menyatakan apresiasinya terhadap acara PIIs ini.
“Semoga PIIs bisa menjadi tolakan awal bagi mahasiswa STEI SEBI untuk melanjutkan akselerasi perjuangan ekonomi syariah sebagai solusi ekonomi dunia. Dari PIIs, kita guncang dunia!” Ujar Bintang Samsu Purwanda selaku Ketua IsEF STEI SEBI.

(Departemen. KOMINFO KSEI IsEF-SEBI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sangat berterimakasih bagi para pengunjung yang berkenan untuk berkomentar dan memberikan masukan ^^