Pages

AGAR UAS TERASA LEZAT

Rabu, 14 Januari 2015

Sorry, hanya untuk saling mengingatkan. Khususnya yang sedang UAS. Semoga tetap terjaga niat utama dalam menuntut ilmu. Sehingga kelezatan ilmu benar-benar kita rasakan. Dan setiap detik kita pun semakin terasa, semakin bermakna. Semangat ya om tante.

Tetap fokus bahwa al-Maqsud dari setiap ibadah (termasuk menuntut ilmu) adalah Allah. Ada pun Al-Mau'udnya sudah jelas, insyaAllah sesuai dengan ikhtiar kita. Yang belajrnya males-malesan, almau'udnya nilai biasa saja atau jeblok, yg ikhtiarnya maksimal, insyaaallah al-mau'udnya nilai yang maksimal juga :)

Nilai, prestasi, sanjungan dan lainnya, semuanya adalah alam (makhluk). Jika itu semua yang kita tuju (kita jadikan almaqsud) dalam semua proses ibadah ini, maka kita akan berputar-putar dari alam ke alam, tidak akan pernah sampai (wushul) kepada Pencipta Alam (Allah), jika tak sampai maka mana mungkin kita dapat menjumpai-NYA?!. Padahal setiap saat kita meminta 'perjumpaan' dengan-NYA.

Dalam hal ini, Ibnu Atahillah menasihati kita:

“Jangan kaupergi dari satu alam ke alam yang lain sehingga kaumenjadi seperti keledai penggilingan yang berputar-putar, tempat yang ia tuju adalah tempat ia beranjak. Namun, pergilah dari alam menuju Pencipta alam. “Sesungguhnya kepada Tuhanmu puncak segala tujuan. (QS. Al-Najm:42)”.

Salam santun untuk para pemburu ilmu,
MZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sangat berterimakasih bagi para pengunjung yang berkenan untuk berkomentar dan memberikan masukan ^^